« 666 Bukan Angka Setan »

Hari ini saya sangat bingung sekali mau melakukan kegiatan apa, tidak ada ide untuk tempat tujuan beraktivitas, apalagi ‘kesehatan; dompet juga sedang tidak baik hehehe….

Saya coba untuk membuat tulisan untuk blog, tapi juga nggak ada ide. Akhirnya saya putuskan untuk mempostingkan jawaban atas email dari kawan saya yang kebetulan berada di luar negeri, menjawab pertanyaannya seputar angka 666 dalam Wahyu 13 yang sempat menjadi topik panas belakangan ini di beberapa tulisan di wordpress karena berhubungan dengan yang namanya AXIS. Dan sebenarnya pun saya juga tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut karena pengetahuan tentang teologi Katholik saya terbatas, namun saya mencoba untuk menguraikan apa yang ada di pikiran saya berdasarkan informasi yang saya kumpulkan dari berbagai sumber.

 

Beberapa minggu terakhir ini, sangat heboh tentang suatu produk komunikasi yang bernama AXIS. Banyak yang menganggap AXIS adalah produk setan. Penilaian tersebut bukannya asal tuduh. Mereka melihat komponen dari promo AXIS tersebut banyak yang mengandung angka 6, yang ditengarai sebagai angka setan/iblis atau antiKristus di mana angka tersebut telah tertulis dalam kitab Wahyu 13:18 pada Alkitab. Dan juga nama “AXIS” kalau dibalik didapatkan kata “SIXA” atau dibaca “siksa”. Dan banyak sekali hal-hal yang berhubungan dengan AXIS yang memang bisa dibilang menjatuhkan AXIS karena menggambarkan hal-hal yang berbau setan (mistis).

Saya tidak akan menguraikan panjang lebar tentang kontroversial AXIS, karena memang sudah banyak sekali artikel yang khusus mendiskusikan tentang AXIS. Tapi saya akan mencoba membicarakan sedikit saja tentang angka 666 dalam Wahyu Rasul Yohanes.

 

Wahyu 13:11-18

 

11 Dan aku melihat seekor binatang lain keluar dari dalam bumi dan bertanduk dua sama seperti anak domba dan ia berbicara seperti seekor naga. 12 Dan dijalankannya di depan matanya. Ia menyababkan seluruh bumi dan semua penghuninya menyembah binatang pertama, yang luka parahnya telah sembuh. 13 Dan ia mengadakan tanda-tanda yang dahsyat, bahkan ia menurunkan api dari langit ke bumi di depan mata semua orang. 14 Ia menyesatkan mereka yang diam di bumi dengan tanda-tanda, yang telah diberikan kepadanya untuk dilakukannya di depan mata binatang itu. Dan ia menyuruh mereka yang diam di bumi, supaya mereka mendirikan patung untuk menghormati binatang yang luka oleh pedang, namun yang tetap hidup itu. 15 Dan kepadanya diberikan kuasa untuk memberikan nyawa kepada patung binatang itu, sehingga patung binatang itu berbicara juga, dan bertindak begitu rupa, sehingga semua orang, yang tidak menyembah patung binatang itu, dibunuh. 16 Dan ia menyebabkan, sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya, 17 dan tidak seorangpun yang dapat membeli atau menjual selain dari pada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama atau bilangan binatang itu.

18 Yang penting di sini adalah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam.

 

Sebenarnya dari kutipan Alkitab di atas yang akan saya bicarakan hanya ayat yang berwarna merah dan biru saja, namun untuk menghindari kemungkinan ketimpangan maka saya sertakan juga ayat-ayat yang lain dalam satu konteks penuh.

 

“…dan tidak seorangpun yang dapat membeli atau menjual selain dari pada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama atau bilangan binatang itu.”

Melihat kemajuan teknologi dewasa ini, sepertinya ayat di atas atau ada pula yang menyebut nubuat, seolah-olah bahkan mutlak menjadi kenyataan.

Para ilmuwan belakangan ini telah menemukan dan mengembangkan teknologi Bio-chip Micro Computer, komputer berukuran nano, untuk ditanamkan pada lokasi tangan kanan atau dahi manusia (penelitian menunjukkan kedua lokasi tersebut merupakan tempat yang paling ideal untuk menanaman Bio-chip, sesuai dengan Wahyu 13:16).
Komputer nano ini mampu menyimpan informasi data yang besarnya lebih dari 5 gigabytes. Memori sebesar itu sama saja dengan 30 jilid buku Encyclopedia Britanica. Dan yang hebat adalah bahwa ukuran microchip itu hanya berukuran sebutir beras, yang dapat ditanam di bawah kulit manusia. Semua data identitas, riwayat hidup, dan juga pemasukan/pengeluaran uang atau transaksi bisnis, tercatat dengan lengkap, dan dapat terbaca oleh Scanners Electronic.

Majalah “Business Week”, edisi 3 Juni 1996, melaporkan bahwa “Mastercard International” sedang mencoba Smart Card, sejenis kartu bank yang mempunyai Chip komputer berisi identitas dan sidik jari, yang dapat berfungsi sebagai kartu kredit/debet. Alat Scanner Electronic kemudian akan mengidentifikasi sidik jari pemilik kartu kepada bank yang dituju dan membandingkannya dengan data identitas yang tersimpan di bank yang bersangkutan.

Dan tidak hanya itu, di Hongkong telah dipromosikan microchip Mondex yang ditanamkan dalam tubuh manusia. Sekitar 120.000 orang Hongkong sudah diberi tanda ini. Mereka yang mempunyai tanda ini mendapat fasilitas dan kelebihan khusus.

Sekedar informasi, Mondex adalah nama sebuah perusahaan yang menyediakan sistem pembayaran tanpa uang tunai. Sistem ini telah dibeli oleh lebih 20 negara besar. Sistem ini diciptakan pada tahun 1990 oleh seorang bankir London bernama Tim Jones yang bekerja sama dengan Graham Higgins dari Natwest Coutts, sebuah bank pribadi dari keluarga Kerajaan Inggris. Sistem ini didasarkan atas teknologi Smart Card (teknologi yang dipakai oleh SIM Card pada handphone) yang memanfaatkan microchip yang dilekatkan pada kartu plastik (kartu kredit) dan mampu menyimpan informasi elektronik seperti pembayaran, identifikasi maupun bermacam-macam informasi penting lainnya. Semua transaksi dimungkinkan melalui penerapan SET (Secure Electronic Transaction / Transaksi Elektronik yang Aman).
Mondex singkatan dari Monetary and Dexter. Berdasarkan Webster’s Dictionary Encylopedia (kamus Webster), arti kata-kata tersebut adalah, Money, segala sesuatu yang berhubungan dengan uang, Dexter, menunjukkan lokasi yang ada
di tangan kanan manusia.
Microchip yang ada dalam card Mondex mengandung lambang angka (kode bar). Lambang atau kode garis ini mewakili angka. Sistem Mondex mungkin menjadi solusi yang tepat untuk perekonomian dunia yang sedang dilanda krisis mata uang. Mondex merupakan satu sistem yang mendukung terciptanya satu mata uang dunia tanpa uang tunai. Microchip Mondex yang tertanam dalam tubuh manusia menyimpan kode 666. Mereka yang memakai microchip ini mendapat fasilitas khusus. Mereka tinggal meletakkan tangan mereka di atas scanner komputer dan semua transaksi jual
beli dapat dilakukan dengan otomatis tanpa menggunakan uang tunai. Di masa yang akan datang, untuk melakukan kegiatan transaksi jual beli, setiap orang harus mempunyai tanda ini. Di kepala (dahi) atau di tangan kanannya.

Pada tahun 1996 dihasilkan sebuah perjanjian yang dibuat oleh “Gemplus” untuk memproduksi smartcard dengan implementasi sistem Mondex untuk dipakai di seluruh dunia. AT&T / Lucent Technologies membeli ijin pengoperasian
Mondex di Amerika Serikat. Logo perusahaan ini memakai simbol dari Ular Naga Matahari atau Naga Merah yang adalah iblis sendiri. Lucent sendiri disinyalir adalah singkatan dari Lucifer Enterprises (perusahaan milik Lucifer), yang singkatan tersebut dibantah oleh mereka, namun mereka tetap memakai nama tersebut meskipun mereka tahu arti singkatan yang dikatakan oleh banyak orang. Disamping itu, perusahaan ini begitu mencolok dalam memberikan nama untuk produk-produk mereka seperti, Styx (sungai di Hades), Janus (illah berwajah dua) dan Inferno. Yang dipromosikan dari Inferno adalah sebuah cerita tentang iblis di neraka, lingkaran api yang menandakan dewa kuno. Perusahaaan ini memilih untuk memindahkan kantor mereka ke Fifth Avenue 666 di Manhattan.

Salah satu penemuan mereka yang paling dibanggakan adalah TSS (Text to Speech). Dimana mereka memberikan kehidupan pada benda mati untuk berbicara seperti layaknya manusia hidup. Ini adalah salah satu arah yang akan menuju kepada Firman Tuhan dalam Alkitab. “Dan kepadanya diberikan kuasa untuk memberikan nyawa kepada patung binatang itu, sehingga patung binatang itu berbicara juga dan bertindak begitu rupa sehingga semua orang yang tidak menyembah patung binatang itu akan dibunuh”. (Wahyu 13:15)

Keberadaan Lucent tersebut memang menimbulkan pemikiran-pemikiran yang bersifat negatif dan menimbulkan banyak pertanyaan tentang eksistensi kerajaan iblis di dunia karena sepak terjangnya seolah-olah antiKristus.

Bisa dibilang, Rasul Yohanes telah diijinkan Tuhan untuk mengenali sistem perdagangan tanpa uang tunai, sejak 1900 tahun yang lalu, dan menyampaikannya melalui Wahyu 13:17. Yaitu pada saat di mana semua transaksi bisnis dilakukan melalui suatu ‘tanda pengenal’ dan angka-angka. Tanda pengenalnya adalah Bio-chip Micro Computer, dan angkanya adalah 666.

John Wicklein, dalam bukunya “Electronic Nightmare”, membuat pernyataan sebagai berikut: “Teknologi baru akan memungkinkan sebuah sistem, di mana sebuah pemerintahan Internasional akan mampu menyerap semua informasi yang diperlukan dari semua orang, untuk dapat mengendalikan kehidupan mereka”.
Begitu semua ‘pembelian dan penjualan’ disahkan untuk tidak lagi dengan uang tunai, pada saat itulah suatu sistem perekonomian yang baru diterima sah dan diberlakukan universal, sistem ekonomi dengan numeral 666. Semua transakasi bisnis tidak ada hubungannya lagi dengan uang, tetapi akan dijalankan dengan memakai tanda pengenal. Dan sistem ini akan memaksakan semua orang untuk memiliki tanda pengenal, semua orang akan terpaksa memilikinya.
Salah satu cara orang Nasrani mengenali tanda akhir zaman ini adalah dengan cara mempelajari jalannya kehidupan perkenomian dunia. Pada saat kita menemukan kegiatan-kegiatan perekonomian meningkat begitu pesat ke arah sistem yang tidak menggunakan uang tunai, segera temukanlah adanya penggunaan angka 666, karena sistem pemerintahan terakhir yang akan memerintah dunia ini sebelum kedatangan Kristus yang kedua kali, adalah sistem perdagangan tanpa uang tunai. Belum lagi di tambah nubuat-nubuat lain dalam Alkitab menjelang kedatangan Kristus yang  sudah digenapi, sepeti bencana alam yang bertubi-tubi (akan saya tulis artikel tersendiri mengenai nubuatan ini)
Saat inipun, di dalam transaksi-transaksi binis, penjualan saham, bahkan pembayaran gaji pegawaipun tidak lagi menggunakan uang tunai, tetapi melalui transfer bank, cek, giro, dan sebagainya. Sebenarnya inilah bagian dari sistem 666 (kode bar) tersebut pada mulanya, diterapkan secara bertahap sejak sekitar 30 tahun yang lalu. Membuat orang menjadi biasa, dan tidak menentang pada saat kemunculan sistem ini dipaksakan secara universal.

 

Yang penting di sini adalah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam.

Memang berdasarkan uraian dan penjelasan yang selama ini kita ketahui, angka enam ratus enam puluh enam sangat identik dengan angka iblis. Bahkan juga sangat identik dengan tahun di mana kiamat terjadi.

Dan keabsahan angka tersebut seolah-olah benar adanya dengan didukung berbagai mitos yang muncul seperti ramalan Nostradamus tentang angka 666, bahwa itu merupakan di mana tahun dengan unsur angka 666 adalah sebuah akhir jaman.

 

Century 10, Quatrain 72
L’an mil neuf cens nonante neuf sept mois,
Du ciel viendra un gran Roy d’effrayeur.
Resusciter le grand Roy d’Angolmois.
Avant apres Mars regner par bon heur.

The year 1999, seventh month, (yang dimaksud “sept” bukan September, “sept” = 7)
From the sky will come a great King of Terror.
To bring back to life the great King of the Mongols,
Before and after Mars to reign by good luck.

 

 

 

Juga berbagai film yang sering mengangkat tema tentang horor agama yang sering disangkutpautkan dengan angka 666, seperti film (saya lupa judulnya) yang menunjukkan bahwa tahun 1999 adalah hari kiamat dengan pemikiran bahwa angka 999 merupakan kebalikan dari 666, kemudian ada juga film yang berjudul “Exorcism of Emily Rose” yang diklaim sebagai kisah nyata, di salah satu adegannya digambarkan bahwa pada saat sang pendeta menanyakan identitas dari iblis yang merasuki tokoh utama, sang tokoh utama menjawab one two three four five six dengan tempo yang sangat cepat, yang bermaksud bahwa ada enam iblis yang merasuk ke dalam tubuh tokoh utama, dan iblis keenam yang menghuni adalah lucifer sang raja iblis.

Kemudian ada lagi penafsiran, dalam angka Romawi, 666 ditulis sebagai DCLXVI (D = 500, C = 100, L = 50, X = 10, V = 5, I = 1). Sedang dalam bahasa latin, angka 666 bisa diartikan sebagai DIC LVX atau dibaca “dicit lux” yang berarti “suara cahaya”. Dalam bahasa latin juga, setan atau iblis disebut sebagai Lucifer (lux Ferre) yang memiliki arti sebagai “Sang Pembawa Cahaya”.

Serta masih banyak pemikiran-pemikiran lain yang mendukung teori angka setan tersebut.

Namun, akhir-akhir ini ada juga pemikiran yang berlawanan dengan teori angka setan tersebut. Bahwa sebenarnya angka tersebut adalah salah satu tradisi orang Yahudi dalam menyamarkan identitas seseorang. Huruf diterjemahkan dalam angka dengan rumus atau algoritma tertentu. Cara ini biasanya dipakai untuk menyamarkan nama orang yang berkuasa, seperti kalau di Indonesia lagunya Iwan Fals “Bento” (walaupun tidak menggunakan rumus-rumus tertentu untuk membuat kode “Bento”) yang mengkritik seorang diktator namun untuk menjaga keselamatan jiwanya, Iwan Fals memilih menggunakan nama “Bento”. Dalam konteks Alkitab di masa itu dipakailah simbol-simbol dan berbagai macam penyamaran, yang hanya bisa diketahui oleh orang-orang Yahudi kalangan tertentu. Dari kitab Wahyu tersebut sendiri dapat ditemukan penggambaran-penggambaran seperti leviathan, armageddon, naga berkepala sepuluh, sepuluh kerajaan, yang sebenarnya lambang dari sesuatu yang sedang dikritik Rasul Yohanes. Karena Rasul Yohanes pada saat itu sedang diasingkan oleh kekaisaran Romawi maka Rasul Yohanes memakai lambang untuk mengkritik kekaisaran Romawi agar tidak ketahuan oleh pihak Romawi. Pada saat para ahli Teologi menganalisa numeral 666 dengan rumus tradisional Yahudi, didapatkan bahwa angka tersebut melambangkan nama kaisar Nero atau dikenal juga Lucius Domisus Ahinabarbus (kaisar Nero dalam bahasa Ibrani = dieja Nrwn Qsr = nun (50), resh (200), waw (6), nun (50), qof (100), samekh (60), dan resh (200) yang totalnya berjumlah 666) yang notabene adalah seseorang yang rajin membantai umat Kristen pada masa Para Rasul. Dan pada 1 Mei 2005 setelah diketemukannya sebuah manuskrip yang berisi kitab Wahyu versi lain yang lebih tua usia lembar papirusnya, yang tertera justru bukan angka 666 tapi angka 616. Menurut David Parker dari Universitas Birmingham, angka 616 tersebut kalau diurai, akan menjadi terjemahan pada raja Caligula (Caligula dan Rasul Yohanes hidup sejaman) atau juga dikenal sebagai Kaisar Gaios atau Kaisar Thaeos (K = 20, A = 1, I = 10, S = 200, A = 1, R = 100, Th = 9, E = 5, O = 70, S = 200). Jadi sebenarnya angka dalam kitab wahyu tersebut bukan menggambarkan sosok iblis namun lebih cenderung menggambarkan sosok manusia yang menyengsarakan umat manusia yang lain.
Dalam numeral Yahudi angka 666 ditulis dengan format 400+200+60+6 karena angka ratusan dalam Yahudi hanya sampai angka 400.

 

Kalau dilihat dari bahasa Romawi 666 (enam ratus enam puluh enam) dibaca “DCLXVI”, tapi kalau hanya angka 666 (enam enam enam) menjadi “VI VI VI”, saya justru melihat sekilas seperti “WWW” atau world wide web karena saya teringat huruf “W” dalam bahasa Inggris yang dulunya tidak dibaca ‘double U’ melainkan ‘double V’.

Dan dalam bahasa Ibrani 666 menjadi waw-waw-waw

Sehingga penafsiran angka 666 malah keluar dari ranah ke-iblis-an.

Seperti munculnya suatu tatanan dunia yang sangat maju dengan teknologi sebagai pilar utamanya (= baca internet).

 

Angka 666 berasal dari praktik ibadah di kota Babilon (Babel/Babilon) pada zaman Nabi Daniel yang menulis kitab Daniel di Perjanjian Lama. Bangsa Babel menyembah dewa-dewi yang dihubung-hubungkan dengan matahari, bulan, dan planet-planet yang terlihat oleh mata telanjang dalam tatasurya, dan bintang-bintang di dalam praktik astrologi. Bangsa Babel adalah pencipta astrologi yang kita kenal sekarang ini (12 zodiak). Dalam sistem ibadah mereka, mereka memiliki 37 dewa-dewi utama, dan salah satunya, yaitu Dewa Matahari, adalah yang terutama di antara semuanya seperti Zeus dalam mitologi Yunani. Orang-orang Babel percaya angka-angka mengandung kekuatan atas dewa-dewi yang mereka sembah. Tapi tentu saja, mereka harus menciptakan angka-angka yang dapat mereka pakai untuk mengidentifikasi dewa-dewi itu supaya mereka dapat menguasai dewa-dewi itu. Untuk itu mereka kemudian mengurutkan ke 37 dewa-dewinya dan menomerinya dari yang paling rendah derajatnya (nomer 1) dan yang paling tinggi adalah Dewa Matahari, namun khusus untuk Dewa Matahari, mereka tidak berani memberi nomer 37 karena takut Dewa Matahari akan murka, akhirnya menjumlahkan semua angka-angka dari 36 dewa-dewi di bawah Dewa Matahari (dari 1 hingga 36) dan memberikan angka hasil penjumlahan itu kepada Dewa Matahari (dewa yang ke-37).

Kalau anda ingat rumus jumlah pada Deret Aritmatika Sn = ½•n ( U1 + Un ), bisa kita cari angka untuk Dewa Matahari. Anggap saja ada 36 bilangan aritmatika, lalu tinggal masukkan rumus :

S36 = ½•36 ( 1 + 36 ), maka S36 = 666 = angka untuk Dewa Matahari.

Tapi mereka melangkah lebih jauh lagi. Mereka takut terhadap dewa-dewi itu dan takut salah satunya akan mengutuk mereka, jadi mereka buat amulet (jimat) berupa matriks dengan ordo 6×6 kotak bertuliskan angka 1 hingga 36. Zaman sekarang kita sebut kotak seperti itu magic square. Tujuan pembuatan jimat itu adalah untuk memiliki kekuatan gaib (sihir), dan lambat-laun mereka percaya bahwa memakai salah satu nomor dewa akan melindungi mereka dari kutukan dewa itu. Jimat itu harus memiliki kekuatan gaib sebesar mungkin, jadi untuk meningkatkan kekuatan gaibnya, orang-orang Babel menyusun angka-angka itu sedemikian rupa agar jumlah angka dalam kolom manapun, dalam baris manapun, dan dalam diagonal manapun adalah 111, sehingga jumlah angka dari keenam baris dan dari keenam kolom adalah 666.

 

6

32

3

34

35

1

7

11

27

28

8

30

19

14

16

15

23

24

18

20

22

21

17

13

25

29

10

9

26

12

36

5

33

4

2

31

 

Ini dianggap dapat memberikan perlindungan ekstra, termasuk dari Dewa Matahari, karena angka dewa itu juga ‘terdapat’ dalam jimat tersebut. Orang-orang Babel kuno menuliskan/mengukir angka-angka itu pada sebuah keping tanah liat kecil, dan setelah mengeringkan dan membakarnya agar tulisan itu permanen, mereka akan memasangnya di rumah atau membentuknya menjadi kalung dan memakainya. Selama mereka membawa jimat itu, mereka percaya bahwa jimat itu memberikan perlindungan pada mereka.
Ditahun 133 sebelum Masehi, sistem penyembahan dari Babylonian telah diwariskan ke Roma (identik dengan The New Babylon atau Babilon/Babel baru) oleh Attalus III. Hal itu menjadi simbol dan bentuk yang digunakan untuk menyembah Kaisar dan kemudian dipraktekan di dalam Roma Katolik.

Pembuatan jimat dengan susunan angka ini sebagai bagian dari astrologi ternyata terus dilakukan hingga zaman Yesus hidup di dunia ini, bahkan sampai waktu sesudah Yesus naik ke surga. Para ahli arkeologi telah menemukan jimat-jimat dengan angka-angka Latin, jadi kita tahu bahwa bangsa Roma juga mempraktikkan ramalan dengan cara ini.
Sekedar informasi, bangsa Mesir menganggap angka 3, 6 dan 7 memiliki kekuatan gaib, sehingga bangsa Mesir pun sangat menyukai ke 37 dewa utama bangsa Babel karena mengandung angka 3 dan 7. Apalagi, ada keunikan dalam angka-angka ini yang menambah ketertarikan bangsa Mesir, yaitu angka 37 jika dikali 3 kemudian dikali dengan angka kelipatan 3 akan menghasilkan angka-angka seperti 111 ( 37•3• (3•1) ), 222 ( 37•3•(3•2) ), 333 ( 37•3•(3•3) ), 444 ( 37•3•(3•4) ), 555 ( 37•3•(3•5) ), 666 ( 37•3•(3•6) ), dan seterusnya. Sehingga pengaruh angka-angka sesembahan bangsa Babel semakin mendominasi di banyak kebudayaan.

Jadi menurut pemikiran ini, angka 666 muncul di dunia ini karena praktik ibadah penyembahan dewa dan astrologi bangsa Babel kuno.

 

Sebenarnya masih banyak lagi teori-teori tentang angka 666 (enam ratus enam puluh enam bukan enam enam enam), tetapi sepertinya thread ini sudah terlalu panjang (pegel bow!).

Tanggapan pribadi saya terhadap angka 666 yang menjadi polemik selama ratusan tahun, adalah angka ini kalau dilihat dari segi pemasaran malah justru baik (tanpa melihat esensi dari angka 666 sebagai angka iblis), karena akan selalu menimbulkan kontroversial entah di kalangan berpendidikan atau tidak berpendidikan, bukankah sesuatu yang heboh dan bermakna negatif tidak selalu merugikan?

Jadi teringat kasus Maria Eva yang malah membuat jumlah tawarannya dunia hiburan melonjak karena rasa penasaran khalayak ramai atas sosoknya. Seperti AXIS yang malah membuat banyak orang jadi tahu, dan dari segi ekonomis itu pun menghemat biaya promosi yang besarnya bisa mencapai miliaran rupiah. Sebenarnya di negara lain banyak juga sosok pribadi atau perusahaan yang mengalami nasib yang sama seperti AXIS ( untuk contohnya bisa anda googling ), banyak yang malah diuntungkan tapi banyak juga yang dirugikan. Mungkin ada yang pernah mendengar bahwa angka 6 dalam filosofi Cina berarti ‘maju’.

Sebenarnya kalau direnungkan secara mendalam, ketakutan tersebut timbul bukan karena kehadiran iblis di sekitar kita, tapi ketakutan tersebut erat kaitannya dengan kedatangan Kristus ( kepercayaan umat Kristiani ) yang kedua di dunia yang diawali dengan berkuasanya iblis di muka bumi, sehingga bagi orang masih banyak dosanya malah takut akan kedatangan-Nya, hehehehehe….

Saran saya, apapun yang terjadi, tetap jalani dengan sebagaimana mestinya, sesuai yang telah diajarkan oleh Yesus ( cinta-kasih ). Iblis mendekati kita? Emang gue pikirin!. Bukankah itu tanda bahwa Yesus akan datang untuk kedua kalinya? Dan bukankah kita harus menyambut penuh dengan suka cita akan kedatangan-Nya?

 

 

*dari berbagai sumber*

Iklan

The URI to TrackBack this entry is: https://dhamastya.wordpress.com/2008/05/14/666-bukan-angka-setan/trackback/

RSS feed for comments on this post.

15 KomentarTinggalkan komentar

  1. wew.. dari sms-sms yg beredar itu semuanya hoax ah..gak ridu percaya..

    • udah 1 bulang saya pasan togel tidak perna angka saya pasan tembus,dan Udah banyak Dukun Togel yang saya mintai Angka Jitu.tapi tidak ada satupun yang berhasil,Akhirnya saya menemukan nomor. KY-RONGGENG dan kami mencoba untuk bergabung di berikan angka ghoib 3d alhamdulillah terbukti 100% kini hidup saya udah gak lagi di kejar-kejar Hutang sekali lagi kami sekeluarga mengucapkan terima kasih yang amat dalam , Enggak Tau Nasib saya seperti apa kalau tidak ada KY-RONGGENG.bagi togeller inging mendptkan angka jitu KUNJUNGI BLOG KY-RONGGENG KLIK KLIK TOGEL 2D 3D 4D 6D DISINI ATAU HUB DI 085-256-200-352 thenz roomx zoba//

  2. Hmm..
    tambah yakin aku..

    • udah 1 bulang saya pasan togel tidak perna angka saya pasan tembus,dan Udah banyak Dukun Togel yang saya mintai Angka Jitu.tapi tidak ada satupun yang berhasil,Akhirnya saya menemukan nomor. KY-RONGGENG dan kami mencoba untuk bergabung di berikan angka ghoib 3d alhamdulillah terbukti 100% kini hidup saya udah gak lagi di kejar-kejar Hutang sekali lagi kami sekeluarga mengucapkan terima kasih yang amat dalam , Enggak Tau Nasib saya seperti apa kalau tidak ada KY-RONGGENG.bagi togeller inging mendptkan angka jitu KUNJUNGI BLOG KY-RONGGENG KLIK KLIK TOGEL 2D 3D 4D 6D DISINI ATAU HUB DI 085-256-200-352 thenz roomx zoba/////////

      • udah 1 bulang saya pasan togel tidak perna angka saya pasan tembus,dan Udah banyak Dukun Togel yang saya mintai Angka Jitu.tapi tidak ada satupun yang berhasil,Akhirnya saya menemukan nomor. KY-RONGGENG dan kami mencoba untuk bergabung di berikan angka ghoib 3d alhamdulillah terbukti 100% kini hidup saya udah gak lagi di kejar-kejar Hutang sekali lagi kami sekeluarga mengucapkan terima kasih yang amat dalam , Enggak Tau Nasib saya seperti apa kalau tidak ada KY-RONGGENG.bagi togeller inging mendptkan angka jitu KUNJUNGI BLOG KY-RONGGENG KLIK KLIK TOGEL 2D 3D 4D 6D DISINI ATAU HUB DI 085-256-200-352 thenz roomx zoba…;;//

  3. mas mbak ada paket wisata yang gak gratis..he, coba di http://www.kibchome.multiply.com wisata melihat BURUNG GARUDA DI ALAM..

  4. wah..wah..wah….
    Ulasannya kereeen. Tengkiyu….tengkiyu…

  5. yah….ga perlu banyak coment.yang penting slalu berjaga2.GBU

  6. Shallom Alaikhem…..
    Sekedar masukkan aja, bhw knp angka 666 yg sesuai Ktb Wahyu 13 ayat terakhir itu disebut angka setan????
    Jawabannya adalah : Angka 3 itu adalah lambang Tuhan (Trinitas : Bapa, Putra, Roh Kudus). Dan angka 6 menurut alkitab adalah angka/bilangan : “Manusia”. Maka klo 6 nya ada 3x, artinya : Manusia yg akan menjadi Tuhan. Makanya Iblis memakai manusia (antiChrist) untuk berperan di akhir jaman.
    Klo mau lbh jelas tentang urutan kiamat menurut Bible, Quran, Ktb ramalan dsb…..silahkan share dg saya. Byk referensi saya, dan kita hrs ambil persamaannya dari semua itu……
    Gbu all….. Hub : 0813 10 900 707 – Bpk Andy

  7. pada mau aja orang di goblokin ama angka 666, bener2 deh ga usah percaya ldah ama ramalan kiamat segala macam yang di bilang di kitab2 suci…

    pada ngawur semua! manusia2 yang sok agamis terutama agama2 samawi itu takut ama yang namanya kemajuan teknologi, jadi kalau ada penemuan teknologi baru selalu di bilangnya sesat, setan udahmau kiamat!

    dasar goblok kalian semua! ga ada bedanya ama jaman kegelapan di abad pertengahan aja!

  8. SAYA SANGAT BERTERIMA KASIH KEPADA KY MURSAM BERKAT ANGKA YANG DI BERIKAN BELIAU ALHAMDULILLAH TEMBUS,SEMUA UTANG UTANG DLM KELUARGA SAYA KINI DPT TERLUNASI SEMUA,SAYA PUN KINI BISA MEMBUKA USAHA KEMBALI,WALAUPUN ITU DGN CARA PASANG TOGEL, ITU MERUPAKAN RESKI BAGI SAYA DAN KELUARGA SAYA,JADI YG SERING KALAH DLM PERMAINAN TOGEL HUBUNGI KY MURSAM DI 0823-9399-2078,TERIMA KASIH. Atau klik.http//: prediksitogelsgp77.blogspot.com

  9. syukur alhamdulillah saya ucapkan, berkat bantuan angka ritual KY MURSAM kini saya dpt terlepas dari segala permasalahan, terutama dlm masalah ekonomi keluarga, saya pun kini dpt membuka usaha sendiri,angka ritual KY MURSAM membawa keberuntungan bagi saya dan keluarga saya,pengen seperti saya silahkan hub langsung KY MURSAM DI 0823-9399-2078, terima kasih. Atau klik.http//: prediksitogelsgp77.blogspot.com
    (`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸. •’´)¸.•’´)
    «´ Thanks sOb `»
    (¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )
    SALAM KOMPAK SELALUH….
    ██▓▓█████▓▓████
    >>>>>===========>>

  10. saya benar-benar yakin dan percaya angka ghaib KY MURSAM telah saya buktikan juga kemarin saya dapat diwarnet pada petunujuk ibu trihasuti dari nias, awalnya saya ragu tapi saya mencoba meghubungi lagi dan meminta angka sama KY MURSAM 3D SGP akhirnya tembus juga usaha 75 juta, sekarang sya sudah buka toko elektronic dan melunasi semua utang saya yg ada di bank, trimaksih KY MURSAM, jasamu takkan kami lupakan, ini bukan janji tpi bukti,jika anda ingin seprti saya silahkan hbgi KY MURSAM DI 0823-9399-2078,terima kasih. Atau klik.http//: prediksitogelsgp77.blogspot.com

  11. udah 1 bulang saya pasan togel tidak perna angka saya pasan tembus,dan Udah banyak Dukun Togel yang saya mintai Angka Jitu.tapi tidak ada satupun yang berhasil,Akhirnya saya menemukan nomor. KY-RONGGENG dan kami mencoba untuk bergabung di berikan angka ghoib 3d alhamdulillah terbukti 100% kini hidup saya udah gak lagi di kejar-kejar Hutang sekali lagi kami sekeluarga mengucapkan terima kasih yang amat dalam , Enggak Tau Nasib saya seperti apa kalau tidak ada KY-RONGGENG.bagi togeller inging mendptkan angka jitu KUNJUNGI BLOG KY-RONGGENG KLIK KLIK TOGEL 2D 3D 4D 6D DISINI ATAU HUB DI 085-256-200-352 thenz roomx zoba

  12. udah 1 bulang saya pasan togel tidak perna angka saya pasan tembus,dan Udah banyak Dukun Togel yang saya mintai Angka Jitu.tapi tidak ada satupun yang berhasil,Akhirnya saya menemukan nomor. KY-RONGGENG dan kami mencoba untuk bergabung di berikan angka ghoib 3d alhamdulillah terbukti 100% kini hidup saya udah gak lagi di kejar-kejar Hutang sekali lagi kami sekeluarga mengucapkan terima kasih yang amat dalam , Enggak Tau Nasib saya seperti apa kalau tidak ada KY-RONGGENG.bagi togeller inging mendptkan angka jitu KUNJUNGI BLOG KY-RONGGENG KLIK KLIK TOGEL 2D 3D 4D 6D DISINI ATAU HUB DI 085-256-200-352 thenz roomx zoba.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: